Tugas Elemen Mesin 1 PERENCANAAN SAMBUNGAN BAUT PADA CAKRAM MONTOR DENGAN DAYA PENGEREMAN 250 WATT
TUGAS
ELEMEN
MESIN I
PERENCANAAN SAMBUNGAN BAUT PADA CAKRAM MONTOR DENGAN
DAYA PENGEREMAN 250 WATT
DISUSUN
OLEH :
SONI WAHYUDI
NPM : 5010
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK MESIN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH METRO
2011
LEMBAR PENGESAHAN
PERENCANAAN SAMBUNGAN BAUT PADA CAKRAM MONTOR DENGAN
DAYA PENGEREMAN 250 WATT
DISUSUN OLEH :
SONI WAHYUDI
NPM : 5010
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH METRO
FAKULTAS TEKNIK
2011
Telah Dipriksa Dan Disetujui
Metro,
25 January 2011
Mengetahui
Ketua Jurusan Teknik Mesin Dosen Pembimbing
Dra. S. St. Chadidjah, M. Eng Ir.
Marsudi
NIP. 130369602 NBM.
839830
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK MESIN
LEMBAR SOAL TUGAS
ELEMEN I
TUGAS ELEMEN MESIN DIBERIKAN KEPADA :
Nama
: SONI WAHYUDI
NPM : 5010
Jurusan
: TEKNIK MESIN
Alamat
: WIRA BANGUN
Desa
: WIRA BANGUN
Kec.
: SIMPANG PEMATANG
Kab. : MESUJI- LAMPUNG
Materi
Soal Tugas : Perencanaan Sambungan Baut
Pada Cakram Montor dengan Daya Pengereman 250 Watt
Mengetahui
Ketua Jurusan Teknik Mesin Dosen Pembimbing
Dra. S. St. Chadidjah, M. Eng Ir.
Marsudi
NIP. 130369602 NBM.
839830
KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat
Allah SWT, atas berkah dan rahmat-Nya tugas Elemen Mesin 1 ini dapat
terselesaikan dengan baik. Tugas Elemen Mesin 1 ini merupakan perencanaan
sambungan baut pada cakram montor dengan daya pengereman 250 Watt. Adapun tugas
ini bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan ilmu – ilmu dan teori – teori
yang diperoleh dibangku kuliah dal;am aplikasinya.
Dengan terselesainya
Tugas Elemen Mesin 1 ini penulis mengucapkan banyak trima kasih kepada :
- Dr. Hi. Marzuki Nur, M. Si,
selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Metro.
- Ir. Masherni, M.T. Selaku
Dekan Fakultas Teknik Universitas
Muhammadiyah Metro.
- Dra. S. St. Chadidjah, M. Eng.
Selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin
- Ir. Marsudi sebagai Dosen Pembimbing yang membantu penulis.
- Semua
pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan Tugas Elemen Mesin 1.
Dalam penyusunan Tugas
Elemen Mesin 1 penulis akan menyadari masih banyak kekurangan dalam
penyusunannya, apabila terdapat kesalahan dalam penulisan kami mohon ma’af,
kritik dan saran kami harapkan untuk memotivasi penulis dapat bermanfaat bagi
penulis dan pembaca.
Metro, 25 Januari
2011
Penulis
Soni Wahyudi
Npm.
5010
HALAMAN JUDUL .................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN ...................................................................... ii
HALAMAN ASISTENSI ............................................................................. iii
HALAMAN SOAL ...................................................................................... iv
KATA PENGANTAR .................................................................................. v
DAFTAR ISI ................................................................................................ vi
DAFTAR TABEL ........................................................................................ vii
DAFTAR
GAMBAR ................................................................................... vii
BAB 1 PENDAHULUAN ......................................................................... 1
1.1 Latar Belakang ................................................................................ 1
1.2 Jenis Sambungan ............................................................................. 1
1.3 Rumusan Masalah .......................................................................... 1
1.4 Tujuan Tugas ................................................................................... 2
1.5 Batasan Masalah ............................................................................. 2
1.6 Diagram
Alur ................................................................................... 2
BAB II LANDASAN TEORI ..................................................................... 3
2.1 Jenis Ulir ......................................................................................... 3
2.2 Bilangan Kekuatan
Baut & Mur ..................................................... 5
2.3 Menentukan Kecepatan
Cakram ..................................................... 6
2.4 Diameter Baut ................................................................................ 6
2.5 Gaya Setiap Baut ............................................................................ 6
2.6 Menentukan Tegangan
Geser .......................................................... 6
2.7 Tinggi Kepala Mur .......................................................................... 7
2.8 Gaya
Pengencangan Baut ............................................................. 7
BAB III PENGUMPULAN
DATA ............................................................ 8
3.1 Komponen Utama ........................................................................... 8
3.2 Alat Pendukung .............................................................................. 9
3.3 Prosedur Penelitian ......................................................................... 9
3.4 Data
Lapangan ............................................................................... 9
BAB IV PERHITUNGAN DAN ANALISA ................................................ 10
4.1 Menentukan Kecepatan .................................................................. 10
4.2 Gaya Pada Baut .............................................................................. 11
4.3 Gaya Tiap Baut ............................................................................... 11
4.4 Diameter Baut ................................................................................. 11
4.5 Tegangan Geser .............................................................................. 12
4.6 Tinggi Kepal Mur ............................................................................ 12
4.7 Gaya
Pengencangan Baut ............................................................... 12
BAB V PENUTUP ..................................................................................... 13
5.1 Kesimpulan .................................................................................... 13
5.2 Saran ................................................................................................ 13
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................... 14
GAMBAR KERJA ...................................................................................... 15
DAFTAR TABEL
Tabel 2.1 Ukuran Standard Ulir Matris ...................................................... 4
Tabel 2.2 Ukuran Standard Ulir UNC ........................................................ 5
Tabel 2.3 Bilangan Kekuatan Baut & Mur ................................................. 5
Tabel 3.1 Data Lapangan ........................................................................... 9
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Ulir Matris ............................................................................... 4
Gambar 3.1 Cakram Montor ......................................................................... 8
Gambar 3.2 Baut Pengikat Cakram ............................................................. 8
Gambar 3.3 Roda ......................................................................................... 9
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Sambungan
merupakan bagian yang banyak dijumpai pada setiap konstruksi, khususnya pada
konstruksi mesin. Fungsi sambungan adaalah mengantarkan dan meneruskaan gaya
yang tidak disertai gerak.
Sambungan
baut merupakan sebagai sarana penyambung yang dapat dilepas, media penggunaanya
adalah ulir. Ulir ini dilaksanakan sebagai ulir luar pada sebuah batang bulat, yang
disebut baut. Baut mempunyai pangkal yang lebih tebal atau kepala baut. Pada
sebuah baut terdapat mur dengan ulir dalam. Mur berfungsi mengunci atau
menjepit benda kerja yang diletakkan pada ujung baut.
1.2 Jenis – Jenis Sambungan
Jenis
– jenis sambungan banyak sekali kita jumpai pada setiap komponen atau
konstruksi pada mesin, jenis – jenis sambungan diantaranya :
·
Sambungan kelingan (paku keling)
·
Sambungan las
·
Sambungan pres
·
Sambungan kerut
·
Sambungan lem
·
Sambungan ulir sekrup atau baut
1.3 Rumusan Masalah
Untuk
lebih efesiensi dan mengetahui spesifikasi mengenai sambungan hanya dapat
diketahui menggunakan percobaan langsung dan analisa perhitungan, maka dalam
makalah ini yang dibahas dalam sambungan kekuatan tegangan geser, gaya – gaya
yang mempengaruhi, dan beban yang ditrima.
1.4 Tujuan tugas
Adapun tujuan dari
penyusunan tugas ini adalah:
·
Mengetahui fungsi penggunaan baut
·
Mengetahui jenis – jenis baut
·
Mengetahui kemampuan beban yang ditrima
pada tiap baut
1.5 Batasan Masalah
Untuk
mendapatkan pembahasan yang lebih maksimal dan keterbatasan penulis maka dari
itu penulis membatasi dan menekankan pada hal - hal sebagai berikut :
·
Menentukan ukuran baut yang digunakan
·
Menentukan ukuran mur dan gaya penggunci
1.6 Diagram Alur
Perencanaan Baut Pada Baut Pengikat Cakram
BAB II
LANDASAN
TEORI
Bentuk
ulir dapat terjadi bila suatu lembaran berbentuk segitga digulung pada sebuah
silinder. Dalam pemakaian ulir bekerja dalam pasangan antara ulir luar dan ulir
dalam. Pengikat ulir pada umumnya mempunyai profil penampang berbentuk segitiga
sama kaki. Jarak antara puncak dengan puncaak berikutnya dari profil ulir
disebut jarak bagi.
Ulir
disebut tunggal atau sejalan bila hanya ada satu jalur yang melilit silinder,
dan disebut dua atau tiga jalan bila ada dua ataau tiga jalur. Jarak antara
puncak – puncak yang berbeda satu putaran atau satu jalur disebut kisar. Kisar
pada ulir tunggal sama dengan jarak baginya, sedangkan ulir ganda dan tripel,
besar kisarnya berturutan sama dengan dua kali atau tiga kali jarak baginya.
ulir
ada dua jenis arah jalanya yaitu ulir kanan (maju berputarnya searah jarum jam)
dan ulir kiri (berlawanan arah jarum jam arah putarannya).
2.1 Jenis Ulir
Ulir
digolongan menurut bentuk profil penampangnya sebagai berikut :
a) Ulir segitiga
b) Ulir segi empat
c) Ulir trapesium
d) Ulir gigi gergaji
e) Ulir bulat
a) Ulir Segitiga
1) Ulir Metris
Ulir
metris mempunyai puncak 60º dan ukurannya dinyatakan daalam milimeter (mm).
2)
Ulir
whit worth
Ulir
whit worth adalah ulir yang menyatakan satuan inchi dan sudut puncak ulir 55º.
Tabel.2.
Ukuran standar Ulir UNC (ASA B.1-1960)
2.1
Bilangan
Kekuatan Baut dan Mur
Tabel.3.
kekuatan baut dan mur.
=
Gaya tarik pada baut (N)
2.1
Menentukan
kecepatan cakram
Roda yang berputar
melaju mempunyai arah dan kecepatan,
untuk menentukan putaran roda dalam satuan menit Maka dapat menggunakan rumus
kecepatan pada roda :
Vm = π . dR
. n
Maka,
untuk Menentukan cakram menggunakan rumus sebagai berikut :
Vo = π .ds
. n
Ket : Vm = Kecepatan roda (m/detik)
Vo =
Kecepatan cakram (m/detik)
dR = Diameter roda (m)
ds =
Diameter cakram (m)
n = Rotasi per
menit (rpm)
2.2
Diameter
Baut
Karena
baut berbentuk bulat dan panjang yang tertentu, maka baut mempunyai diameter. Untuk
menetukan diameter baut dapat diketahui melalui rumus :
dk
=
ket
: F = Gaya yang ditrima (N)
σd = Koefesien gesekan (N/mm2)
2.3
Gaya
pada Setiap Baut
Setiap
baut mempunyai gaya – gaya tekan sendiri, tentunya setiap gaya yang ditrima akan
berbeda – beda, gaya tekan pada baut dapat diketahui melalui :
Sedangkan
untuk mengetahui gaya yang bekerja pada tiap baut adalaah :
Fa =
ket
: Fa = Gaya yang bekerja tiap baut (N)
F = Gaya keseluruhan (N)
z =
Jumlah baut yang digunaakan (buah)
2.6 Menetukan
Tegangan Geser
Baut
pengikat mempunyai tegangan geser akibat beban, untuk menentukan tegangan geser
dapat diketahui melalui rumus sebagi berikut :
tinggi
baut dapat diketahui melalui rumus :
h = 1 . dl
ket : σg = Tegangan geser (N/mm2)
Fa = Gaya tarik tiap baut (N)
dl = Diameter ulir luar (mm)
h = Tinggi kepala baut (mm)
2.7 Tinggi Kepala Mur
Menentukan
tinggi kepala mur dapat diketahui melalui :
H
=
Ket H =
Tinggi kepala mur (mm)
Fa = Gaya tarik tiap baut (N)
dk = Diameter inti baut (mm)
b = Faktor bidang geser ulir (bidang)
σg = Tegangan geser (N/mm2)
2.3
Gaya
Pengencangan Baut
Untuk
menentukan gaya pengunci baut harus menggunakan kunci momen untuk menentukan
kekuatan pengencangan. Untuk mengetahui berapa gaya maksimal beban pengunci
maka dapat diketahui melaui :
Ket Fd = Gaya pengencangan baut (N)
dl =
Diameter luar baut (mm)
L =
Panjang Tuas Kunci (mm)
BAB III
PENGUMPULAN DATA
3.1
Komponen Utama
Komponen
yang pada cakram sangat banyak, baik komponen pendukukung atau pun komponen
utama. Adapun komponen – komponen utama cakram kendaraan bermotor pada roda dua
adalah :
3.1.1
Cakram atau Disc
Cakram
atau piringan adalah bagian yang ikut berputar bersama roda. Bagian inilah yang
akan menjadi media untuk menghentikan perputaran roda.
0 Response to "Tugas Elemen Mesin 1 PERENCANAAN SAMBUNGAN BAUT PADA CAKRAM MONTOR DENGAN DAYA PENGEREMAN 250 WATT"
Post a Comment